TAHAPAN MENGGUNTING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI KELOMPOK USIA 4-6 TAHUN
Abstract
Pshyco motor is a movement that only involves certain parts of the body that are carried out by small muscles. Therefore Pshyco motor movements do not really need energy, but require careful coordination and accuracy. Pshyco motor skills begin to develop, after starting with very simple activities such as holding a pencil, holding a spoon, and stirring. Cutting is easy, but if it does not go through the proper steps, the results of the cut will not be as expected. Scissors is a continuation of the stages of paper tearing activities in early childhood, cutting activities intended to train the child's Pshyco motorics, especially training the fingers of the child with paper media and knobs with certain stages and patterns
Downloads
References
Aprilena. (2016). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menggambar Dengan Menggunakan Aneka Warna Krayon. E-Journal Undiksha, Vol 1, No. 2.
Agustina, Linda. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Mencocok Pola Gambar Di Kelompok B Paud Serasan Kec. Ps Manna Kab Bengkulu Selatan.
Arif, Rahman Hakim. (2016). Pengaruh Motorik Kasar Anak Tunagraha Terhadap Motorik Halus. Jurnal Ilmiah Penjas, Issn : 2442-3874 Vol. 2 No. 2 Juli Ilmu Pendidikan Universitas Tunas Pembangunan: Surakarta.
Arifin, Ririn. 2014. Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Teknik Mozaik Pada Anak Kelompok A Di Tk Aba Khadijah Bangun Jiwo Timur Kasihan Bantul Uny.
Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bina Aksara.
B, Bungin. 2011. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Media Group.
Birohmatika, Miskah Nuzzela. 2015/2016. Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Menggambar Teknik Montase Pada Anak Kelompok B Ra As- Syafi’iyah, Universitas: Sebelas Maret.
Chabibah, Wiwik. 2005. Peningkatan Motorik Halus Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Menggunting Dasar Di Sps Al-Mutaqqin Jombang.
Decaprio, Richard. 2013. Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik Di Sekolah. Diva Pres.
Denzia & Lincoln.2011. Hand Book Of Qualitative Research. Sage Publication, Thousan Oaks ,London.
Elizabeth, Hurclok B. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Fadhila, Siti Nur. 2014. Upaya Meningkatkan Minat Anak Dalam Kegiatan Menggunting Bebagai Pola Pada Kelompok A Di Taman Kanak-Kanak Hj. Isriay Meonadi, Kecamatan Unguran Timur Kabupaten Semarang.
Fadhilah, Nurul. 2014. Meningkatkan Kemmpuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Mewarnai Di Kelompok B Tk Kklkmd Sedyo Rukun. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas: Negri Yogykarta.
Fajriah, Latifah Ur. 2016/2017. Pengaruh Kegiatan Motorik Untuk Meningkatkan Kterampilan Motorik Halus Usia 4-5 Tahun Di Paud Permata Cerdikia, pendidikan Guru Paud.
Ginantari, Ni Wyn Devi Dkk. 2014. Penerapan Metode Demonstrasi Melalui Kegiatan Mozaik Berbantuan Bahan Alam Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak, Universitas Pendidikan Ganesha Jurnal Pg-Paud Vol. 2 No. 1
Grissmer, David, Kevin J. 2010. Fine Motor Skills And Early Comprehension Of he World: Two New School Readiness Indicators. Developmental Psychology. Vol. 46 No. 5.
Hasil Observasi. 2019. Dikelompok TK AT-TAQWA Jl. Merdeka Belakang 69 Kec. Tarogong Kidul Garut.